Aktivitas antimikroba dan potensi penyembuhan luka ekstrak tembelekan (Lantana camara Linn.)

Aktivitas antimikroba dan potensi penyembuhan luka ekstrak tembelekan (Lantana camara Linn.)

Authors

  • Hosea Jaya Edy Program Studi Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sam Ratulangi, Manado
  • ML Edy Parwanto Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.18051/JBiomedKes.2020.v3.33-38

Keywords:

Lantana camara Linn., anti bakteri, anti fungi, penyembuhan luka pada kulit

Abstract

Salah satu tanaman yang digunakan secara turun-temurun dalam pengobatan adalah tembelekan (Lantana camara Linn.). L. camara Linn. mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan menjadi bahan baku obat karena jumlahnya yang sangat banyak dan mudah dibudidayakan.

Hasil ekstraksi L. camara Linn. diketahui mengandung alkaloid, terpenoid, flavonoid, steroid, polifenol, tanin. Ekstrak L. camara Linn. juga telah dibuat atau diformulasikan dalam berbagai jenis sediaan farmasi dalam bentuk semisolid seperti salep, krim maupun gel.

Ekstrak methanol daun L. camara Linn. memiliki aktivitas antibakteri terhadap Escherichia coli.  Ekstrak daun L. camara Linn. menggunakan pelarut n-heksan, etil asetat, etanol juga memperlihatkan aktivitas antibakteri terhadap bakteri Gram positif (Staphylococcus pyogenesis dan Micrococcus luteus) dan bakteri Gram negatif (Vibrio cholera dan Shigella dysenteriae). Selain itu, sediaan farmasi ekstrak L. camara Linn. juga memperlihatkan aktivitas antimikroba terhadap Salmonella typhi, Vibrio alginolyctus dan S. aureus. Aktifitas antifungi dari ekstrak etanol daun L. camara Linn. juga telah diuji terhadap jamur Trichophyton concentricum L. Sediaan farmasi ekstrak  L. camara Linn. juga telah diuji aktifitas penyembuhan luka pada kulit hewan uji.  

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-03-31

How to Cite

1.
Edy HJ, Parwanto ME. Aktivitas antimikroba dan potensi penyembuhan luka ekstrak tembelekan (Lantana camara Linn.). J Biomedika dan Kesehat [Internet]. 2020 Mar. 31 [cited 2024 Apr. 19];3(1):33-8. Available from: https://jbiomedkes.org/index.php/jbk/article/view/114

Issue

Section

Review Article
Loading...