Rasio lingkar pinggang panggul berhubungan dengan kadar kolesterol total pada dewasa

Rasio lingkar pinggang panggul berhubungan dengan kadar kolesterol total pada dewasa

Authors

  • Syifa Larasati Universitas Trisakti
  • Alvina Alvina Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.18051/JBiomedKes.2018.v1.126-132

Keywords:

kolesterol total, rasio lingkar pinggang panggul, obesitas

Abstract

LATAR BELAKANG
Hiperkolesterolemia adalah keadaan meningkatnya kadar kolesterol dalam darah melebihi batas normal, yang meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular dan stroke. Secara global, satu dari tiga kasus penyakit jantung iskemik dinyatakan berkaitan dengan kadar kolesterol darah yang tinggi. Tercatat proporsi penduduk Indonesia usia ≥15 tahun dengan kadar kolesterol total di atas nilai normal mencapai 35,9%. Salah satu faktor yang dikaitkan dengan hiperkolesterolemia adalah obesitas atau keadaan akumulasi lemak berlebih pada jaringan adiposa, khususnya obesitas abdominal. Obesitas abdominal dapat dinilai melalui pengukuran rasio lingkar pinggang panggul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan rasio lingkar pinggal panggul dengan kadar kolesterol total.

METODE
Penelitian ini merupakan studi analitik dengan rancangan cross-sectional pada 60 subyek dewasa berusia 26-65 tahun. Pengukuran kadar kolesterol menggunakan alat finger-prick dan strip cholesterol test NESCO. Pengukuran lingkar pinggang panggul menggunakan pita ukur. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji Chi-Square.

HASIL
Sebagian besar responden (55%) berusia >35 tahun. Responden dengan RLPP di atas normal sebanyak 38,3% dan kadar kolesterol total meningkat sebanyak 28,3%. Uji Chi-Square menunjukkan hasil terdapat hubungan yang bermakna antara rasio lingkar pinggang panggul dan kadar kolesterol total (p = 0,001).

KESIMPULAN
Rasio lingkar pinggang panggul berhubungan dengan kadar kolesterol total pada dewasa.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-09-27

How to Cite

1.
Larasati S, Alvina A. Rasio lingkar pinggang panggul berhubungan dengan kadar kolesterol total pada dewasa. J Biomedika dan Kesehat [Internet]. 2018 Sep. 27 [cited 2024 Mar. 29];1(2):126-32. Available from: https://jbiomedkes.org/index.php/jbk/article/view/37

Issue

Section

Original Article
Loading...