Hubungan kualitas tidur dengan excessive daytime sleepiness pada pekerja bergilir

Hubungan kualitas tidur dengan excessive daytime sleepiness pada pekerja bergilir

Authors

  • Luthfi Aziz Universitas Trisakti
  • Adi Hidayat Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.18051/JBiomedKes.2019.v2.144-148

Keywords:

kualitas tidur, pekerja bergilir, excessive daytime sleepiness

Abstract

LATAR BELAKANG
Pekerja bergilir (shift workers) banyak dijumpai pada masyarakat industri dan mempunyai efek yang negatif terhadap kualitas tidur. Excessive daytime sleepiness (EDS) adalah gejala dari gangguan tidur berupa rasa kantuk pada siang hari yang berlebihan hingga mengganggu aktivitas. Gejala ini dapat menimbulkan dampak merugikan bagi pekerja dan perusahaan. Kualitas tidur, kerja shift, gaya hidup, usia dan jenis kelamin merupakan faktor risiko dari EDS. Seorang pekerja bergilir yang mengalami EDS memiliki risiko kecelakaan kerja yang tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menentukan hubungan antara kualitas tidur dan EDS pada pekerja bergilir.

METODE
Studi ini menggunakan desain cross-sectional dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 57 pekerja bergilir. Pengumpulan data mengenai usia dan jenis kelamin dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Kualitas tidur diukur dengan kuesioner Pittsburgh sleep quality index (PSQI) dan Excessive daytime sleepiness (EDS) diukur dengan Epworth sleepiness scale (ESS). Data dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman dan uji Mann Whitney.

HASIL
Hasil uji normalitas menunjukkan data yang dikumpulkan tidak tersebar secara normal. Nilai median subjek pekerja besarnya 27 tahun dan sebagian besar subjek adalah laki-laki sebanyak 44 (77.1%) orang.Tidak didapatkan perbedaan yang bermakna antara jenis kelamin dan EDS (p=0.396). Didapatkan hubungan yang sedang dan bermakna antara kualitas tidur dan EDS (r=0.545; 0=0.000). Usia subjek tidak berhubungan secara bermakna dengan EDS (r=0.124; p=0.359).

KESIMPULAN
Penelitian ini menunjukkan hubungan bermakna antara kualitas tidur dan excessive daytime sleepiness pada pekerja, tetapi tidak terdapat perbedaan nilai median EDS antara laki-laki dan perempuan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-12-30

How to Cite

1.
Aziz L, Hidayat A. Hubungan kualitas tidur dengan excessive daytime sleepiness pada pekerja bergilir. J Biomedika dan Kesehat [Internet]. 2019 Dec. 30 [cited 2024 Apr. 20];2(4):144-8. Available from: https://jbiomedkes.org/index.php/jbk/article/view/106

Issue

Section

Original Article
Loading...