Hubungan antara frekuensi minum teh dengan anemia pada wanita hamil

Authors

  • Nanda Lisisina Universitas Trisakti
  • Irmiya Rachmiyani Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.18051/JBiomedKes.2021.v4.65-69

Keywords:

tea drinking habits, anemia, pregnant woman

Abstract

LATAR BELAKANG
Anemia merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi dalam kehamilan di Indonesia yang memiliki dampak buruk bagi keadaan ibu, janin maupun proses persalinan. Ada banyak faktor penyebab anemia pada wanita hamil dan penyebab paling sering adalah defisiensi besi. Teh merupakan jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi orang dewasa setelah air termasuk wanita hamil. Sementara teh berperan sebagai faktor inhibitor pada absorpsi zat besi dalam tubuh. Penelitian ini dilakukan untuk menilai hubungan Frekuensi kebiasaan minum teh dengan anemia pada wanita hamil.

METODE
Penelitian ini menggunakan studi analitik observasional dengan desain potong lintang yang dilakukan terhadap 230 wanita hamil trimester ke-3 di Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Frekuensi minum teh dinilai dengan menggunakan kuesioner dan kadar Hb dinilai dari data rekam medis. Analisis data menggunakan uji Chi-square dengan tingkat kemaknaan 0.05.

HASIL
Distribusi kebiasaan minum teh menunjukkan hasil bahwa lebih banyak subjek yang memiliki kebiasaan minum teh jarang (51.7%) dan berdasarkan distribusi anemia diketahui bahwa sebagian besar responden tidak mengalami anemia (67.8%). Terdapat hubungan antara kebiasaan minum teh dengan anemia pada wanita hamil (p=0.00)

KESIMPULAN
Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara frekuens minum teh dengan anemia pada wanita hamil trimester ketiga.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nanda Lisisina, Universitas Trisakti

Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, Jakarta, Indonesia

Irmiya Rachmiyani, Universitas Trisakti

Departemen Obstetri dan Ginekologi, Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, Indonesia

Published

2020-06-30

How to Cite

1.
Lisisina N, Rachmiyani I. Hubungan antara frekuensi minum teh dengan anemia pada wanita hamil. J Biomedika Kesehat [Internet]. 2020 Jun. 30 [cited 2021 Sep. 19];4(2):65-9. Available from: https://jbiomedkes.org/index.php/jbk/article/view/166

Issue

Section

Original Article