Tidak terdapat hubungan antara aktivitas fisik dengan kadar gula darah pada lanjut usia di panti sosial

  • Via Anggraeni Universitas Trisakti
  • Maria Regina Rachmawati Universitas Trisakti

Abstract

LATAR BELAKANG
Seiring dengan meningkatnya jumlah lansia di Indonesia, semakin banyak lansia yang berisiko terhadap penyakit degeneratif salah satunya adalah Diabetes melitus (DM). Jenis DM lebih sering ditemukan yaitu 85- 90% dari total penderita DM. Faktor resiko DM tipe 2 pada lansia yaitu antara lain aktivitas fisik rendah, pola makan tinggi karbohidrat, gaya hidup dan obesitas. Aktivitas fisik adalah salah satu yang memungkinkan untuk dikendalikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan aktivitas fisik dengan kadar gula darah puasa pada lansia.

METODE
Penelitian dilakukan terhadap 86 orang lansia, berusia 60 -74 tahun. Dilakukan pada bulan Agustus - Oktober tahun 2017 di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 2, Cengkareng, Kota Jakarta Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan potong silang (cross sectional). Variabel yang dinilai adalah tingkat aktivitas fisik yang dinilai menggunakan IPAQ, serta kadar gula darah puasa yang dinilai menggunakan ACCU-chek. Data yang didapatkan dianalisis dengan uji korelasi Spearman.

HASIL
Hasil penelitian di dapatkan dari 86 responden dengan rerata usia 66.71, rerata berjenis kelamin laki-laki, rerata kadar gula darah 81.85, rerata tingkat aktivitas fisik 332.53. Hasil uji korelasi spearman menyatakan tidak terdapat korelasi antara aktivitas fisik dan kadar gula darah puasa pada lansia (r= -0.134)(p = 0.220) dimana nilai p> alpha 0,05..

KESIMPULAN
Berdasarkan hasil penelitian, rerata kadar gula darah puasa pada lansia di panti adalah normal, rerata tingkat aktivitas fisik adalah aktif minimal, dan tidak terdapat hubungan antara tingkat aktivitas fisik dengan kadar gula darah puasa pada lansia di panti jompo PSTW Budi Mulya 2.

Author Biography

Via Anggraeni, Universitas Trisakti

Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, Indonesia

Published
2018-06-30
How to Cite
1.
Anggraeni V, Rachmawati M. Tidak terdapat hubungan antara aktivitas fisik dengan kadar gula darah pada lanjut usia di panti sosial. J Biomedika Kesehat [Internet]. 30Jun.2018 [cited 20Nov.2019];1(1):101-8. Available from: https://jbiomedkes.org/index.php/jbk/article/view/9
Section
Original Article