Stres berhubungan dengan atensi pada siswa sekolah menegah atas

Authors

  • Nurhasanah Nurhasanah Universitas Trisakti
  • Meiyanti Meiyanti Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.18051/JBiomedKes.2020.v3.3-7

Keywords:

stres, atensi, siswa, sekolah menengah atas

Abstract

LATAR BELAKANG
Atensi merupakan komponen kecil dalam tahap memori saat seseorang melakukan proses berpikir. Bila terdapat gangguan pada atensi, maka seseorang akan sulit untuk menerima atau mempelajari hal yang baru. Atensi dipengaruhi oleh berbagai situasi, salah satunya adalah stres. Stres merupakan masalah umum yang terjadi dalam kehidupan manusia dan menjadi bagian hidup yang tidak dapat dielakkan. Siswa sekolahpun dapat mengalami stres yang dapat berpengaruh terhadap atensi dan mempengaruhi tingkat prestasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan stres dengan atensi pada siswa sekolah menengah atas.

METODE
Penelitian ini merupakan studi observasional dengan desain cross sectional yang mengikusertakan 173 siswa sekolah menengah atas. Responden diperoleh dengan teknik cluster sampling. Stres diukur dengan menggunakan perceive stress scale dan atensi diukur dengan menggunakan digit span test. Analisis data menggunakan uji Chi-square untuk mengetahui hubungan antara stres dengan atensi.

HASIL
Didapatkan jumlah responden sebanyak 173 orang dengan 26% siswa dengan tingkat atensi yang buruk dan 28.3% yang mengalami stres. Dari hasil analisis bivariat terdapat hubungan yang signifikan antara stres dengan atensi pada siswa sekolah menengah atas (p=0.000).

KESIMPULAN
Terdapat hubungan yang signifikan antara stres dengan atensi pada siswa sekolah menengah atas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Meiyanti Meiyanti, Universitas Trisakti

Departemen Farmakologi dan Farmasi Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, Indonesia

Published

2020-03-30

How to Cite

1.
Nurhasanah N, Meiyanti M. Stres berhubungan dengan atensi pada siswa sekolah menegah atas. J Biomedika Kesehat [Internet]. 2020 Mar. 30 [cited 2021 Dec. 8];3(1):3-7. Available from: https://jbiomedkes.org/index.php/jbk/article/view/96

Issue

Section

Original Article