Penggunaan media sosial tidak berhubungan dengan pengetahuan mengenai COVID-19 pada masyarakat dewasa muda

Authors

  • Nur Najmi Raina Universitas Trisakti
  • Kartini Kartini Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.18051/JBiomedKes.2021.v4.90-98

Keywords:

COVID-19, knowledge, social media, young adulthood

Abstract

LATAR BELAKANG
Pandemi COVID-19 merupakan masalah kesehatan dunia. Di masa pandemi dengan kasus yang semakin bertambah membuat media sosial menjadi salah satu sumber informasi mengenai COVID-19. Penggunaan media sosial yang bijak sangat efektif untuk menyebarkan informasi dan pengetahuan mengenai pandemi COVID-19, sehingga membantu masyarakat untuk melakukan pencegahan COVID-19. Penelitian ini bertujuan menilai hubungan penggunaan media sosial dan pengetahuan COVID-19 pada dewasa muda.

METODE
Metode penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional, sampel penelitian sebanyak 240 responden, memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner online pada bulan Mei-Juli 2021 di Kelurahan Rorotan Jakarta Utara. Analisis data dilakukan dengan uji Chi-square dan Fisher's exact dengan tingkat kemaknaan p<0.05.

HASIL
Rerata usia responden 26.8 ± 6.4 tahun didominasi oleh perempuan (65.4%). Responden berpendidikan tinggi sebanyak 95.8%, berpengetahuan baik mengenai COVID-19 sebanyak 54.2%, tingkat penggunaan media sosial tinggi sebanyak 57.9%. Responden dengan tingkat penggunaan media sosial tinggi dan berpengetahuan baik mengenai COVID-19 sebanyak 56.8%. Tidak terdapat hubungan antara penggunaan media sosial, umur, dan pendidikan dengan pengetahuan COVID-19. Terdapat hubungan antara jenis kelamin dengan pengetahuan COVID-19.

KESIMPULAN
Penggunaan media sosial tidak berhubungan dengan tingkat pengetahuan COVID-19 pada masyarakat dewasa muda. Dibutuhkan media komunikasi lainnya untuk mengedukasi masyarakat dalam upaya pencegahan COVID-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nur Najmi Raina, Universitas Trisakti

Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, Jakarta, Indonesia

Kartini Kartini, Universitas Trisakti

Departemen Histologi, Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, Jakarta, Indonesia

Published

2021-09-30

How to Cite

1.
Raina NN, Kartini K. Penggunaan media sosial tidak berhubungan dengan pengetahuan mengenai COVID-19 pada masyarakat dewasa muda. J Biomedika Kesehat [Internet]. 2021 Sep. 30 [cited 2021 Oct. 24];4(3):90-8. Available from: https://jbiomedkes.org/index.php/jbk/article/view/173

Issue

Section

Original Article