Pengetahuan Sikap dan Perilaku Berhubungan Dengan Infeksi COVID-19 Pada Petugas Kesehatan Di RSUD Lebong

Pengetahuan Sikap dan Perilaku Berhubungan Dengan Infeksi COVID-19 Pada Petugas Kesehatan Di RSUD Lebong

Authors

  • Niken Nadila Universitas Trisakti
  • Kartini Kartini Departmen Histologi, Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.18051/JBiomedKes.2022.v5.4-13

Keywords:

Infeksi COVID-19, pengetahuan, perilaku, sikap

Abstract

LATAR BELAKANG
Kasus COVID-19 di Indonesia semakin meningkat dan banyak petugas kesehatan yang terinfeksi COVID-19, namun penelitian mengenai status infeksi petugas kesehatan masih kurang. Dalam kondisi seperti ini penting memastikan keselamatan petugas kesehatan dalam bekerja supaya tidak tertular virus. Pengetahuan, sikap dan perilaku yang baik dari petugas kesehatan merupakan langkah perlindungan dasar untuk mengurangi kemungkinan penularan infeksi. Penelitian ini bertujuan menilai hubungan pengetahuan, sikap dan perilaku dengan infeksi COVID-19 pada petugas kesehatan.

METODE
Desain penelitian adalah observasional analitik dengan pendekatan potong lintang (cross sectional). Subyek penelitian adalah petugas kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Lebong kota Muara Aman Provinsi Bengkulu dengan sampel sebanyak 200 responden memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pengetahuan, sikap dan perilaku dalam menghadapi COVID-19 dan riwayat terinfeksi COVID-19, dikumpulkan melalui google form. Uji hipotesis dengan menggunakan uji Chi-square/Fisher’s Exact dengan tingkat kemaknaan p<0,05.

HASIL
Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 66,0% responden berpengetahuan baik tentang pandemi COVID-19, sebanyak 69,0% responden bersikap positif (tenang, berhati-hati dan meningkatkan usaha menjaga kesehatan pribadi), dan 95,5% berperilaku positif dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Sebagian besar responden tidak terinfeksi COVID-19 (87,5%). Analisa statistik menunjukkan hubungan yang bermakna antara pengetahuan (p=0,003), sikap (p=0,001), dan perilaku (p=0,001) dengan infeksi COVID-19.

KESIMPULAN
Pengetahuan, sikap dan perilaku berhubungan dengan infeksi COVID-19 pada petugas kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-04-25

How to Cite

1.
Nadila N, Kartini K. Pengetahuan Sikap dan Perilaku Berhubungan Dengan Infeksi COVID-19 Pada Petugas Kesehatan Di RSUD Lebong. J Biomedika dan Kesehat [Internet]. 2022 Apr. 25 [cited 2022 Oct. 2];5(1):4-13. Available from: https://jbiomedkes.org/index.php/jbk/article/view/193

Issue

Section

Original Article
Loading...