Bermain aplikasi gadget berhubungan dengan keterlambatan perkembangan bicara dan bahasa pada balita

Authors

  • Kadek Bayu Suryawan Universitas Trisakti
  • Lie Tanu Merijanti Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.18051/JBiomedKes.2021.v4.157-163

Keywords:

gadget intensity, toddler, speech delay, language delay

Abstract


LATAR BELAKANG
Gadget merupakan salah satu media informasi dan teknologi yang berkembang pesat dan  telah membuat penggunanya menjadi ketergantungan, bahkan balita. Penggunaan gadget secara berlebihan dan tidak tepat dapat menimbulkan dampak berupa keterlambatan bicara atau bahasa. Di Indonesia jumlah keterlambatan bicara dan bahasa pada balita mencapai 10%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan gadget dengan keterlambatan perkembangan aspek bicara dan bahasa pada balita.

METODE
Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional terhadap 100 responden yang memenuhi kriteria inkulsi maupun eksklusi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara menggunakan kuesioner intensitas penggunaan gadget dan kuesioner pra skrining perkembangan pada bulan Oktober–Desember 2019 di TK Kelurahan Tomang, Jakarta Barat. Analisis data dilakukan dengan uji Chi-square dengan tingkat kemaknaan yang digunakan p<0.05.

HASIL
Dengan total 100 responden, didapatkan 18 orang (18%) intensitas penggunaan gadget rendah, 29 orang (29%) intensitas penggunaan gadget sedang dan 53 orang (53%) dengan intensitas penggunaan gadget tinggi. Responden dengan keterlambatan perkembangan aspek bicara dan bahasa sebanyak 39 orang (39%) dan 61 orang (61%) lainnya tidak mengalami keterlambatan perkembangan aspek bicara dan bahasa. Hasil analisis Chi-square menunjukkan hubungan intensitas penggunaan gadget dengan keterlambatan perkembangan aspek bicara dan bahasa pada balita memiliki nilai signifikansi (p=0.002).

KESIMPULAN
Intensitas penggunaan gadget berhubungan dengan keterlambatan perkembangan aspek bicara dan bahasa pada balita.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Kadek Bayu Suryawan, Universitas Trisakti

Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, Jakarta, Indonesia

Lie Tanu Merijanti, Universitas Trisakti

Departemen Ilmu Kedokteran Kerja, Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, Jakarta, Indonesia

Published

2021-12-31

How to Cite

1.
Suryawan KB, Merijanti LT. Bermain aplikasi gadget berhubungan dengan keterlambatan perkembangan bicara dan bahasa pada balita . J Biomedika Kesehat [Internet]. 2021 Dec. 31 [cited 2022 Jun. 25];4(4):157-63. Available from: https://jbiomedkes.org/index.php/jbk/article/view/183

Issue

Section

Original Article