Hubungan antara beban kerja, besaran upah, dan stres kerja pada karyawan pengelolaan limbah

Authors

  • Sarifa Sarifa Universitas Trisakti
  • Magdalena Wartono Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.18051/JBiomedKes.2021.v4.70-78

Keywords:

workload, wage, job stress, employee

Abstract

LATAR BELAKANG
Perkembangan dunia bisnis yang dinamis tentu berpengaruh terhadap tuntutan produktivitas kerja karyawan. Dalam menjalankan tugas mereka tidak jarang para karyawan mengalami stres kerja yang bisa diakibatkan oleh berbagai faktor antara lain beban kerja dan besaran upah kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara beban kerja, besaran upah dengan stres kerja pada karyawan perusahaan pengelolaan limbah.

METODE
Studi cross-sectional pada 95 karyawan perusahaan pengelolaan limbah. Data sosiodemografi, lama kerja dan besaran upah dikumpulkan dengan kuesioner. Kategori beban kerja didapatkan dengan menghitung rumus persentase beban kardiovaskuler dan penilaian stres dengan mengunakan survei Health and Safety Executive (HSE). Analisis hubungan antara variabel dilakukan dengan uji Chi-square dan Kolmogorov-smirnov.

HASIL
Responden paling banyak yang berusia 26-45 tahun (62.1%) dan didominasi oleh laki-laki (74.7%). Responden yang telah bekerja <5 tahun adalah 55.8% dan yang sudah menikah sebanyak 69.5%. Sebanyak 78.9% responden tidak menerima besaran upah yang sesuai dengan Upah Minimum Kota. Dalam hal beban kerja, sebanyak 49 responden termasuk kategori diperlukan perbaikan. Mayoritas responden mengalami stres sedang (72.6%). Tidak terdapat hubungan bermakna antara beban kerja dan kejadian stres kerja (p=0.758), dan terdapat hubungan yang bermakna antara upah terhadap stres kerja pada karyawan perusahaan pengelolaan limbah di Karawang (p=0.000).

KESIMPULAN
Penelitian menunjukkan banyak karyawan yang mengalami stres dan didapatkan hubungan yang bermakna dengan besara upah tetapi tidak dengan beban kerja. Dengan demikian perusahaan perlu melakukan kajian terhadap sistem perupahan dan manajemen stres di tempat kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sarifa Sarifa, Universitas Trisakti

Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, Jakarta, Indonesia

Magdalena Wartono, Universitas Trisakti

Departemen Anatomi, Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, Indonesia

Published

2020-06-30

How to Cite

1.
Sarifa S, Wartono M. Hubungan antara beban kerja, besaran upah, dan stres kerja pada karyawan pengelolaan limbah. J Biomedika Kesehat [Internet]. 2020 Jun. 30 [cited 2021 Sep. 18];4(2):70-8. Available from: https://jbiomedkes.org/index.php/jbk/article/view/167

Issue

Section

Original Article