Bullying berhubungan dengan kejadian gangguan cemas pada pelajar SMA

Bullying berhubungan dengan kejadian gangguan cemas pada pelajar SMA

Authors

  • Laras Sheila Andini Universitas Trisakti
  • Kurniasari Kurniasari Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.18051/JBiomedKes.2021.v4.99-105

Keywords:

adolescents, anxiety disorders, bullying, mental health

Abstract

LATAR BELAKANG
Gangguan cemas di Indonesia menurut data Riskesdas 2018 untuk usia lebih dari 15 tahun sekitar 6.2%. Perempuan lebih cenderung mengalami gangguan cemas, salah satu faktor yang memengaruhi kecemasan pada remaja, yaitu bullying. Prevalensi bullying pada remaja yang cenderung meningkat setiap tahunnya menyebabkan bullying masih menjadi salah satu masalah kesehatan mental global.

METODE
Studi penelitian analitik observasional menggunakan desain cross-sectional untuk menilai hubungan kejadian bullying dengan gangguan cemas pada pelajar SMA. Pengambilan data melalui Google form dengan jumlah responden 252. Variabel yang akan diteliti, yaitu jenis kelamin, gangguan cemas, dan bullying. Analisis data menggunakan uji Chi-square dengan tingkat kemaknaan <0.05.

HASIL
Responden perempuan sebanyak 160 responden (63%) dan laki-laki 92 responden (37%). Perempuan lebih banyak mengalami gangguan kecemasan, yaitu kecemasan ringan sebanyak 35 responden (22%), terdapat hubungan antara jenis kelamin dengan gangguan cemas (p=0.002). Terdapat 97 responden menjadi korban bullying (38%) dengan kecemasan yang paling sering, yaitu kecemasan ringan. Sebanyak 30 responden (31%) terdapat hubungan antara kejadian bullying dengan gangguan cemas (p=0.000).

KESIMPULAN
Kejadian bullying dan jenis kelamin merupakan faktor yang berperan terhadap gangguan kecemasan yang terjadi pada remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Laras Sheila Andini, Universitas Trisakti

Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, Jakarta, Indonesia

Kurniasari Kurniasari, Universitas Trisakti

Departemen Farmakologi dan Farmasi Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, Indonesia

Published

2021-09-30

How to Cite

1.
Andini LS, Kurniasari K. Bullying berhubungan dengan kejadian gangguan cemas pada pelajar SMA. J Biomedika dan Kesehat [Internet]. 2021 Sep. 30 [cited 2024 Mar. 28];4(3):99-105. Available from: https://jbiomedkes.org/index.php/jbk/article/view/174

Issue

Section

Original Article
Loading...