Stres akademis berhubungan dengan kualitas hidup pada remaja

  • R Harvilia Safira Haryono Universitas Trisakti
  • Kurniasari Kurniasari Universitas Trisakti

Abstract

LATAR BELAKANG
Masa remaja adalah periode usia yang berkisar dari 10-19 tahun. Remaja merupakan salah satu penentu indeks pembangunan manusia. Pembangunan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Kualitas hidup remaja dipengaruhi oleh banyak faktor, terutama faktor fisik dan psikologis. Pada remaja terjadi perubahan yang signifikan pada kedua faktor tersebut. Hal ini menyebabkan remaja menjadi rentan terhadap stres. Salah satu stres yang dapat dialami remaja adalah stres akademis. Stres akan mengakibatkan perubahan biokimia, psikologis, dan perilaku, kondisi ini dapat menyebabkan penurunan kesehatan fisik, psikologis, dan hubungan sosial sehingga mengakibatkan penurunan kualitas hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan antara stress akademik dan kualitas hidup pada remaja.

METODE
Penelitian ini merupakan studi cross sectional dengan responden berjumlah 233 siswa di SMAN 1 Cileungsi, Kab. Bogor. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Educational Stres Scale for Adolescent (ESSA) dan kuesioner Multidimensional Students’ Life Satisfaction Scale-Adolescent (MSLSS). Analisis data dengan uji Chi-Square menggunakan program SPSS dengan tingkat kemaknaan sebesar 0,05.

HASIL
Dari 233 responden, 70% berjenis kelamin perempuan, 30% laki-laki, 15,5% tegolong stres ringan, 51,1% stres sedang, dan 33,5% stres berat, 50,2% memiliki kualitas hidup kurang dan 49,8% kualitas hidup baik. Uji Chi-Square menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara stres akademis dan kualitas hidup pada remaja (p = 0,044).

KESIMPULAN
Stres akademis merupakan salah satu jenis stres yang dapat mempengaruhi kualitas hidup pada remaja.

Author Biography

R Harvilia Safira Haryono, Universitas Trisakti

Progam Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti

Published
2018-06-29
How to Cite
1.
Haryono RH, Kurniasari K. Stres akademis berhubungan dengan kualitas hidup pada remaja. J Biomedika Kesehat [Internet]. 29Jun.2018 [cited 20Nov.2019];1(1):75-4. Available from: https://jbiomedkes.org/index.php/jbk/article/view/23
Section
Original Article