Pengaruh yoga terhadap memori jangka pendek pada dewasa muda

  • Muhammad Ishak Universitas Trisakti
  • Alvina Alvina Universitas Trisakti

Abstract

LATAR BELAKANG
Yoga adalah sebuah gaya hidup, suatu sistem pendidikan yang terpadu antara tubuh, pikiran, dan jiwa, dan merupakan metode yang berpengaruh dan dinilai efektif terhadap fungsi kognitif termasuk didalamnya fungsi memori jangka pendek. Yoga merangsang penurunan aktifitas saraf simpatis dan peningkatan akitifitas saraf parasimpatis yang berpengaruh pada penurunan hormon adrenalin, norepinefrin dan katekolamin serta vasodilatasi pada pembuluh darah yang mengakibatkan transpor oksigen ke seluruh tubuh terutama ke otak menjadi lancar sehingga dapat meningkatkan fungsi kognitif.

METODE
Penelitian ini menggunakan desain eksperimental metode potong lintang, menggambarkan fungsi memori jangka pendek dengan dan tanpa yoga. Penilaian memori jangka pendek menggunakan Digit Span Test di mana komponennya berupa deretan angka maju (Digit Forward) maupun mundur (Digit Backward). Penelitian ini melibatkan 47 subyek dewasa muda berusia 17-20 tahun dengan kriteria inklusi bersedia rutin mengikuti pelatihan yoga selama 21 hari dengan durasi 15-30 menit untuk sekali latihan yoga dan kriteria eklusi menderita suatu penyakit yang tidak dapat melakukan yoga, menderita gangguan pendengarandan mengalami penurunan kesadaran. Latihan yoga diberikan oleh instruktur yoga. Penilaian digit span dilakukan pada sebelum latihan yoga dan sesudah melakukan latihan yoga selama 21 hari. Analisis data dilakukan untuk menilai perbedaan skor fungsi memori jangka pendek masing-masing kelompok sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan uji T Dependent/berpasangan atau uji Wilcoxon. Nilai p < 0.5 dianggap bermakna dengan 95% interval kepercayaan.

HASIL
Terdapat 61.7% responden perempuan, 40.4% memiliki skor tinggi pada memori jangka pendek sebelum yoga dan 59.6% memiliki skor tinggi sesudah yoga. Pengaruh yoga terhadap memori jangka pendek memiliki nilai p=0.000 (p < 0.05). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor memori jangka pendek sebelum dan sesudah melakukan yoga.

KESIMPULAN
Yoga memberikan dampak pada peningkatan digit span pada kelompok dewasa muda.

Published
2019-09-30
How to Cite
1.
Ishak M, Alvina A. Pengaruh yoga terhadap memori jangka pendek pada dewasa muda. J Biomedika Kesehat [Internet]. 30Sep.2019 [cited 21Jan.2020];2(3):117-23. Available from: https://jbiomedkes.org/index.php/jbk/article/view/88
Section
Original Article