Pengaruh yoga terhadap memori jangka pendek pada dewasa muda

  • Muhammad Ishak Universitas Trisakti
  • Alvina Alvina Universitas Trisakti

Abstract

LATAR BELAKANG

Sejak lama Yoga dikenal sebagai sains kuno dan terbukti berhasil meningkatkan fungsi kognitif melalui Hatha Yoga yang meliputi asana, pranayama, dan meditasi. Yoga adalah sebuah gaya hidup, suatu sistem pendidikan yang terpadu antara tubuh, pikiran, dan jiwa. Yoga dapat meningkatkan kekuatan, meningkatkan kelenturan, melatih keseimbangan, mengurangi nyeri, melatih pernapasan, melancarkan fungsi organ, ketenangan batin, mengurangi depresi dan stress, menyiagakan tubuh, serta meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan. Yoga dilakukan minimal selama 21 hari dalam satu bulan, biasanya sekitar 30 menit dalam satu set yoga.

Memori merupakan elemen pokok dalam proses kognitif yang berperan dalam kemampuan pengenalan dan penafsiran seseorang terhadap lingkungannya berupa perhatian, bahasa, memori, visuospasial dan fungsi untuk mengambil keputusan. Tujuan penelitian ini untuk melihat adanya pengaruh yoga terhadap memori jangka pendek pada dewasa muda.

METODE

Penelitian ini menggunakan desain eksperimental metode potong lintang, menggambarkan fungsi memori jangka pendek dengan dan tanpa yoga. Penilaian memori jangka pendek menggunakan Digit Span Test yang merupakan bagian dari skala intelegensi dimana komponennya berupa deretan angka maju (Digit Forward) maupun mundur (Digit Backward). Subyek penelitian adalah 47 dewasa muda dengan kriteria inklusi bersedia rutin mengikuti pelatihan yoga dan kriteria eklusi menderita suatu penyakit yang tidak dapat melakukan yoga, menderita gangguan pendengaran dan mengalami penurunan kesadaran. Analisis data menggunakan program statistik SPSS versi 24, untuk menilai perbedaan skor fungsi memori jangka pendek masing-masing kelompok sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan uji T Dependent/ berpasangan atau uji Wilcoxon. Nilai p < 0,05 dianggap bermakna dengan 95% interval kepercayaan.

 HASIL

Terdapat 61,7% responden perempuan, 40,4% memiliki skor tinggi pada memori jangka pendek sebelum yoga dan 59,6% memiliki skor tinggi sesudah yoga. Pengaruh yoga terhadap memori jangka pendek memiliki nilai p=0,000 (p < 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor memori jangka pendek sebelum dan sesudah melakukan yoga.

KESIMPULAN

Terdapat pengaruh bermakna antara skor memori jangka pendek sebelum dan sesudah yoga pada dewasa muda, dimana memori jangka pendek setelah yoga memiliki skor lebih baik.

Published
2019-09-30
How to Cite
1.
Ishak M, Alvina A. Pengaruh yoga terhadap memori jangka pendek pada dewasa muda. J Biomedika Kesehat [Internet]. 30Sep.2019 [cited 15Nov.2019];2(3). Available from: https://jbiomedkes.org/index.php/jbk/article/view/88
Section
Original Article